Senin, 06 April 2009

Genealogy dan Pembauran

Genealogy saat ini merupakan hobi yang lagi marak (trend) di Amerika Utara.
Genealogy secara sederhana dapat dikatakan sebagai Ilmu tentang Keturunan atau Silsilah.

Saat ini khususnya di Indonesia sangat jarang yang memiliki Pohon Silsilah apalagi hingga keturunan ke-6. Kalau kita ingin melihat yang dipublikasikan di Web tentunya lebih jarang lagi.
Tetapi begitu kita mendapatkannya dan menelitinya kita akan surprise bahwa banyak hal yang tidak/belum kita ketahui sebelumnya. Misalnya ternyata moyang kita ada yang bule dan masih bersaudara jauh dengan Kwik Kian Gie.

Sebenarnya dengan meneliti nama-nama tersebut secara kasar kita bisa perkirakan etnis tersebut, misalnya Sinaga kawin dengan Rompis artinya Batak Kawin Campur (atau ada juga yang mengatakan Kawin Silang) dengan Minahasa. Nama model Jessica Michibata menunjukkan bahwa ia seorang Bule Jepang dan ternyata pacar Pembalap F1 Jenson Button saat ini memang beribu Jepang Asli dengan Bapak Campuran Spanyol, Argentina dan Italia. Terlihat Jessica menggunakan nama marga ibunya yang mungkin juga sedang menjadi trend saat ini. Saya dengar Ayu Azhari juga sedang mengajukan permohonan ke Pengadilan agar anak-anaknya dapat diberi nama 'marga' Azhari. Sedangkan nama Putri Miranti menunjukkan bahwa ia adalah putrinya Ibu Miranti.

Ternyata Pembauran itu sudah terjadi berabad-abad yang lalu dan Pohon Silsilah menunjukkan hal itu.
Pohon Silsilah DNA tentunya akan lebih mengungkapkan Pembauran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar